5P : Ikhtiar Meningkatkan Daya Saing Madrasah
Lembaga pendidikan saat ini semakin menjamur dan semakin banyak khususnya sekolah dan madrasah swasta. Masing-masing sekolah/madrasah berlomba-lomba mempromosikan sekolah/nlmadarasahnya dengan berbagai hal-hal untuk menarik minat masyarakat. Bahkan tak sedikit sekolah/madrasah yang memberikan iming-iming serba gratis.
Di sisi lain, para pemangku kebijakan dan pengelola pendidikan kurang memberikan perhatian terhadap mutu dan kualitas pendidikannya. Mereka hanya berlomba-lomba mencari peserta didik sebanyak mungkin karena akan berimbas terhadap besaran nominal dana BOS yang akan diperoleh oleh sekolah/madrasah. Kondisi ini telah membuat pergeseran paradigma dan orientasi lembaga pendidikan. Lembaga pendidikan saat ini tak ubahnya sebuah corporation yang sudah mementingkan provite oriented. Di sisi lain, pengelola sekolah sudah tidak lagi memperhatikan mutu dan kualitas proses pendidikan dan pembelajaran. Tidak sedikit sekolah hanya menjalankan rutinitas yang kurang bermakna bagi peserta didik. Akibatnya sekolah akan berjalan di tempat dan tidak bisa bersaing di dunia global.
Membaca hasil riset beberapa peneliti dunia pendidikan, salah satu faktor yang menyebabkan sekolah swasta belum bisa bersaing di dunia global saat ini adalah pengelelolaan yang masih lemah. Tata kelola yang masih bersifat tradisional. Akibatnya masih banyak sekolah swasta yang masih belum memenuhi standar mutu yang ditetapkan oleh pemerintah.
Tulisan ini bukan bermaksud mengkritik sekolah atau madrasah manapun. Tulisan ini hanya usulan dan refleksi diri penulis sebagai insan pendidikan kepada semua pihak yang ingin mencoba meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di sekolah dan madrasah. Tulisan ini kami beri judul 5P: Jurus Ampuh Meningkatkan Kualitas Madrasah. Dengan menerapkan 5P, diharapkan madrasah akan mampu bersaing di dunia global dan menjadi lembaga pendidikan rujukan utama bukan pilihan terakhir.
- Penampilan
Madrasah harus menjadi sekolah yang enak dipandang mata. Banyak orang yang terpesona karena penampilan sebuah lembaga pendidikan. Gedung yang rapi, gedung yang indah, gedung yang asri penuh dengan tanaman hijau, dan gedung yang penuh dengan kebersihan. Orang yang melihat penampilan gedung seperti di atas akan membuat mereka tertarik untuk memasukkan anaknya ke sekolah kita.
Di samping itu, sekolah juga mampu menampilkan SDM yang betul-betul berwibawa; mulai dari kepala madrasah, guru, tenaga kependidikan dan seluruh karyawan.
- Profesionalisme
Profesionalisme merupakan faktor utama dan faktor kunci dalam mencapai tujuan pendidikan yang berkualitas. Seiring dengan tuntutan perkembangan zaman, profesionalisme SDM menjadi landasan yang tak tergantikan dalam merancang, melaksanakan dan mengevaluasi program-program pendidikan.
Menjadi guru adalah salah satu profesi dari sekian banyak profesi yang sudah kita pilih dan kita tentukan. Karena itu, selayaknya kita bisa memantaskan diri agar kita pantas disebut guru yang profesional. Agar kita disebut sebagai guru yang handal yang memiliki kemampuan basic yang kuat.
Guru yang hebat bukan hanya sekedar mengajar tetapi juga menginspirasi dan memfasilitasi murid-muridnya untuk berkembang dan meningkatkan kualitas dan potensi dirinya.
- Pelayanan
Meningkatkan mutu dan kualitas madrasah melalui pelayanan prima merupakan sebuah upaya yang berkelanjutan yang harus dilakukan oleh semua civitas madrasah.
Pelayanan prima merupakan tindakan atau upaya yang dilakukan untuk memberikan pelayanan maksimal dengan tujuan agar masyarakat bisa mendapatkan kepuasan atas pelayanan yang dilakukan.
Dalam dunia pendidikan, pelayanan dapat dimulai dengan meningkatkan pelayanan kualitas proses pendidikan. Yang kedua adalah meningkatkan infrastruktur pendidikan dan yang ketiga adalah meningkatkan pelayanan kepada orang tua dan masyarakat umum. Dan yang tak kalah penting adalah meningkatkan kualitas manajemen madrasah.
Para pengelola lembaga pendidikan harus senantiasa berusaha untuk meng-upgrade diri meningkatkan potensi dan kompetensi sehingga mampu menerapkan manajemen sekolah berbasis mutu yang efektif dan efesien; meningkatkan kerjasama dengan stakeholder dan mencari inovasi-inovasi dalam rangka memajukan Lembaga pendidikan yang ia pimpin.
MTs Miftahul Ulum Buwek sebagai sebuah lembaga pendidikan berbasis pesantren sayogyanya dapat memberikan pelayanan yang mudah, cepat dan tepat, ramah dan santun, informatif, responsif, inovatif, transparan, terintegrasi, berkualitas dan berkelanjutan.
- Prestasi
Prestasi sebuah lembaga pendidikan merupakan kebanggaan. Banyaknya prestasi menjadi salah satu indikator mutu dan kualitas sebuah lembaga pendidikan. Madrasah berprestasi terbentuk dari guru-guru yang berprestasi. Guru yang berkualitas dan berprestasi akan melahirkan anak-anak yang berprestasi pula. Oleh karena itu, guru dan peserta didik yang berprestasi sangat layak mendapatkan apresiasi dan penghargaan dari madrasah. Dengan demikian para guru dan peserta didik lainnya diharapkan semakin termotivasi untuk meningkatkan semangat berkompetisi dan berprestasi. Begitu juga bagi guru-guru dan peserta didik yang lain.
Prestasi akademik maupun non-akademik tentu sangat baik dan bisa berdampak positif terhadap penilaian terhadap madrasah. Semakin banyak prestasi yang diraih oleh madrasah, maka akan semakin naik pula penilaian terhadap madrasah. Madrasah mungkin akan dicap sebagai madrasah yang unggul dan berkualitas, sehingga trust masyarakat akan semakin tinggi pula. Namun demikian, madrasah sebagai sebuah lembaga pendidikan keagamaan, prestasi-prestasi yang melimpah tidak akan ada gunanya apabila tidak diiringi dengan prestasi ibadah dan akhlak al-karimah. Sebagaimana yang ditulis penyair Arab Ahmas Syauqi
إنما الأمم الأخلاق ما بقيت * فإن هم ذهبت أخلاقهم ذهبوا
Keutuhan suatu bangsa dapat dilihat dari kualitas akhlaknya, apabila akhlaknya buruk maka bangsa itu akan sirna.
- Publikasi
Mempublikasikan kegiatan madrasah melalui media online memiliki beberapa manfaat. Tidak hanya bagi pihak madrasah itu sendiri, namun juga bagi masyarakat luas yang memerlukan informasi lebih tentang lembaga dan dunia pendidikan. Bahkan postingan di media madrasah saat ini sudah menjadi cerminan madrasah. Semakin berkualitas postingan madrasah, maka akan menilai madrasah tersebut berkualitas.
Penulis : Ibnu Ad Karim (Guru MTs Miftahul Ulum Buwek)